Pages

Selasa, 25 September 2012

ms word 2007


Mengenal Microsoft Office Word 2007



a.       Pengertian Microsoft word
Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.
b.       Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:   `
Ø      Klik Tombol Start yang ada di taskbar. 
Ø      Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu :
Ø     Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
c.       Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
 


d.      Menyimpan Dokumen 
 Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah: 
Ø      Klik  tombol Microsoft Office,
Ø        lalu klik Save As.   (atau tekan CTRL+S    Klik  tombol Microsoft Office untuk perintah di key board atau juga icon  untuk di toolbar quick access).
e.       Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan Untuk menyimpan dokumen yang baru saja di rubah di file asalnya (file itu juga), caranya inggal Klik  tombol Microsoft Office  ,  lalu klik Save   (atau tekan CTRL + S di tinggal Klik  tombol Microsoft Office keyboard).
f.        Pengaturan Dokumen
Untuk melakukan pengaturan-pengaturan dokumen ada banyak fasilitas yang ditawarkan, tergantung dengan pengaturan yang bagaiman diinginkan pengguna, misalnya ingin mengubah jenis, ukuran, warna tulisan dan masih banyak lainnya. Carannya klik home, pilih fasilitas yang diinginkan. Contoh, perataan paragraf adapun cara-canya adalah sebagai berikut.
Pilih paragraf yang akan dirubah.     Klik home, pada grup paragraph, klik perataan yang diingikan misalnya:
Ø      Align Text Left , untuk membuat teks rata di kiri saja.
Ø      Align Center , untuk membuat teks rata di tengah.
Ø      Align Text Right , untuk membuat teks rata di kanan saja.
Ø      Align Justify , untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.
Ø      Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas
g.       Untuk menentukan ukuran kertas dan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:    Klik tab Page Layout.   
Ø      Klik perintah size di grup Page Setup
Ø      Lalu tentukan:     Lebar kertas pada kotak pilihan Width,  Tinggi kertas pada pilihan Height.
Ø      Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.   
Ø      Lalu klik OK.
h.       Untuk menentukan Orientasi kertas langkah-langkahnya:   
Ø      Masih di tab Page Layout  dan grup Page Setup,
Ø      klik perintah Orientation
Ø      Lalu klik di salah satu pilihan orientasi meliputi portrait  untuk orientasi tegak dan landscape   untuk orientasi mendatar.
i.         Untuk menentukan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:  
Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup, klik perintah Margin, lalu klik ukuran margin yang dikehendaki.     Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik custom margin yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup Lalu tentukan: 
Ø   Pada kotak pilihan Top tentukan lebar margin atas.   
Ø   Pada kotak pilihan Bottom tentukan lebar margin bawah. 
Ø   Pada kotak pilihan Left tentukan lebar margin kiri.   
Ø   Pada kotak pilihan Right tentukan lebar margin kanan.
Ø   Pada kotak pilihan Gutter tentukan lebar penjilidan dan pada kotak pilihan Gutter position tentukan letak penjilidan apakah dikiti, diatas atau di kanan (apabila menggunakan penjilidan). Perintah ini diabaikan saja apabila tidak ingin menggunakan penjilidan.    Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.    Lalu klik OK
j.        Cara mengamankan dokumen, tujuannya agar dokumen hanya dapat dibuka oleh orang yang mem.buat dan mengetahui password dari dokumen tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :
Ø   Klik tombol Microsoft word 2007,
Ø   Pilih prepare,
Ø   Encrypt dokumen,
Ø   Masukkan password,
Ø   klikOK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar